BAHAYA....!!!! TERNYATA ADA BANYAK FAKTOR YANG TIDAK BISA DIKENDALIKAN DARI PENYAKIT OSTEOPOROSIS... BACA SELENGKAPNYA....!!!

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


I. Definisi 

 Osteoporosis datang dari bahasa Yunani, Osteo yang berarti tulang, dan porosis berarti lubang, hingga osteoporosis di definisikan sebagai tulang yang berlubang.
 Satu kondisi di mana tulang jadi keropos, tanpa ada merubah bentuk atau susunan tulang, tetapi daerah dalam tulang jadi berlubang-lubang hingga mudah patah.

II. Epidemiologi 

- Bisa menyerang lelaki serta perempuan
- 1 dari 3 wanita serta 1 dari 12 pria di atas usia 50 th. akan menanggung derita osteoporosis.

III. Aspek Resiko 



Aspek yang tidak bisa dikendalikan 

1. Jenis K3l4m1n 
Wanita semakin besar resikonya dari pada pria, ini karena pengaruh h07m0ne estrogen yang mulai alami penurunan pada badan mulai sejak umur 35 th..

2. Usia
Makin tua, kemungkinan osteoporosis makin besar, lantaran dengan cara alamiah tulang makin rapuh searah dengan menambahnya umur. Pada lanjut usia berlangsung penurunan kekuatan badan untuk menyerap kalsium.

3. Ras
Kulit putih mempunyai kemungkinan lebih tinggi disbanding dengan kulit hitam. Ras kulit hitam mempunyai massa tulang lebih padat, otot semakin besar hingga desakan pada tulang juga makin besar, serta kandungan estrogen lebih tinggi.

4. Kisah Keluarga 

5. Menopause 
Pada wanita yang telah menopause konten estrogen alami penurunan atau menghilang lantaran tubuh tak akan menghasilkan sampai kepadatan tulang mulai menyusut serta bertahan pengeroposan tulang serta tulang gampang patah.

Aspek yang bisa dikendalikan 

1. Kesibukan fisik 
Akibat kurang gerak atau kurang kesibukan bisa mengakibatkan otot-otot tak terlatih serta kendor hingga mempercepat penurunan kemampuan tulang.

2. Kurang kalsium 
Kalsium utama dalam pembentukan tulang. Jika tubuh kekurangan kalsium, jadi badan bakal mengambil kalsium dari tulang serta sisi tubuh yang lain sampai tulang jadi rapuh.

3. Merokok 
Wanita perokok, kandungan estrogen lebih rendah serta bakal alami menopause 5 th. Lebih cepat.
Kandungan nikotin dalam rokok bakal memberi dampak jelek dalam penyerapan serta pemakaian kalsium sampai pengeroposan tulang berlangsung lebih cepat.

4. Alkohol 
Mengkonsumsi alkohol terlalu berlebih bakal menyebabkan luka pada lambung hingga berlangsung perdarahan, badan kehilangan kalsium yang ada pada darah, hingga berlangsung penurunan massa tulang.

5. Soft drink 
Soft drink memiliki kandungan fosfor serta cafein. Fosfor bakal mengikat kalsium serta membawanya keluar dari tulang. Cafein bakal tingkatkan pembuangan kalsium lewat urin.

6. Stress 
Stress bakal tingkatkan produksi h07m0ne stress (kortisol) yang di produksi oleh kelenjar adrenal, hingga tingkatkan pelepasan kalsium kedalam peredaran darah serta menyebabkan tulang jadi rapuh.

IV. Manifestasi klinis 

Osteoporosis dimaksud “silent disease” lantaran kehilangan tulang tanpa ada tanda-tanda.
Tanda-tandanya yaitu :
1. Tinggi tubuh berkurang
2. Bungkuk/bentuk badan berubah
3. Patah tulang
4. Nyeri jika ada patah tulang

V. Mencegah 

Baiknya dikerjakan pada umur muda :

1. Konsumsi kalsium cukup
Mengkonsumsi kalsium sehari-hari, dosis umur produktif 1000mg kalsium /hari, lanjut usia 1200mg /hari.
Kalsium bisa tercukupi dari makanan keseharian seperti brokoli, tempe, tahu, keju serta kacang-kacangan.

2. Cahaya matahari
UVB menolong tubuh membuahkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh dalam pembentukan massa tulang. Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi selama 20-30 menit, 3 kali semingu pada pukul 09. 00 pagi atau sore hari sesudah jam 16. 00.

3. Olahraga
Senam aerobik, jalan kaki secara teratur adalah usaha mencegah yang paling utama yang berperan sebagai beban yang bisa tingkatkan kepadatan tulang.

4. Jauhi rokok serta alkohol

5. Deteksi awal osteoporosis


sumber; www.infosehatku.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "BAHAYA....!!!! TERNYATA ADA BANYAK FAKTOR YANG TIDAK BISA DIKENDALIKAN DARI PENYAKIT OSTEOPOROSIS... BACA SELENGKAPNYA....!!!"

Posting Komentar

Iklan 300x250