INFO KESEHATAN....!!! Kurang Konsumsi Sayur Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar. Apakah Sebabnya....???

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280



POLA makan kurang sayur dan buah bisa jadi satu diantara penyebab kanker usus besar. Selain itu, kata dokter anggota bedah disgestif Benny Philippi, mengkonsumsi lemak dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan kanker usus besar. Sebab, lemak yang dikonsumsi akan merubah metabolisme tubuh.

“Kalau makan lemak tinggi, keluarkan empedu banyak. Empedu didalam usus besar tidak baik, itu akan beralih jadi empedu sekunder yang dapat m3r4n9s4n9 kanker, ” kata Benny dalam acara ‘Cek Waktu BAB Mari Deteksi Kanker Usus Besar’ yang diselenggarakan oleh Roche Indonesia di lokasi Cikini, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Tidak cuma itu, kurangnya mengkonsumsi serat atau fiber yang rendah, kata Benny, dapat juga jadi penyebab. Jumlah serat yang sangat sedikit, bakal bikin ampas di usus besar menyusut hingga gerakan usus tak lancar.

Benny mencontohkan, hal semacam ini berlangsung saat sangat banyak makan daging. Buang air besar (BAB) akan susah serta merasa lengket.

Mengkonsumsi kalori yang tinggi juga tidak baik. Benny menerangkan, kalori itu akan dirubah jadi lemak oleh tubuh, yang selanjutnya bikin seorang keunggulan lemak.

Tidak heran bila kanker usus besar banyak menyerang beberapa orang di negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, serta Singapura. Karena gaya hidup orang-orang disana lebih sukai konsumsi daging. Sesaat sayuran tidak sering dimasukkan kedalam menu keseharian.

Belum lagi perkembangan tehnologi yang telah diadaptasi negara maju, juga ikut berikan dampak negatif. Mulai mengedarnya serat sintetis yang diklaim dapat menukar serat alami, menurut Benny, tidaklah pas.

Dibanding serat dari sayuran, serat sintetis terang tak baik. Memiliki bentuk yang cuma berbentuk bubuk akan tidak memberi dampak sama dengan serat alami.

“Di Eropa lantaran makannya semakin banyak ke roti, di roti itu diselipkan biji-bijian sebagai bahan serat dalam pencernaan. Namun tak disarankan beli beberapa bahan sintetis yang disebutkan sebagai pengganti serat, ” tutur Benny.

Namun diluar hal semacam itu tidak bermakna negara berkembang tidak mempunyai angka kanker usus besar tinggi. Jumlahnya cukup banyak walau tidak sejumlah negara maju.

Di orang-orang yang alami ekonomi susah, peluang kanker usus besar dapat berlangsung akibat pemakaian minyak yang digunakan berulang-kali. Mahalnya harga minyak untuk mereka sangat mungkin keadaan ini berlangsung.

“Kalau dia makannya bahan yang digoreng dengan minyak yang telah lama, telah cokelat, ada epidemologis kanker usus besar, karenanya memiliki kandungan lemak jahat, ” kata Benny.

Penyebabnya Lain

Terkecuali pola hidup, terlebih mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang, kanker usus besar dapat juga disebabkan oleh keadaan yang lain. Timbulnya polip pada usus jadi satu diantara aspek terpentingnya.

Polip adalah tumor yang berbentuk non-kanker serta jinak. Namun, pada keadaan spesifik polip dapat beralih jadi ganas hingga mengakibatkan kanker.

Saat polip jadi kanker, sel itu akan berangsur tumbuh didalam dinding usus besar serta membuat pembuluh atau plasma darah. Waktu hal semacam itu berlangsung, sel kanker bisa menebar ke organ yang lain, seperti hati.

Terkecuali polip, peradangan pada usus dapat juga jadi penyebab. Radang mengakibatkan beberapa sel yang melapisi dinding usus terkelupas sampai berlangsung luka yang dapat keluarkan darah, lendir, atau nanah.

Benny memberikan, kisah menanggung derita kanker lain dapat juga mengakibatkan seorang terserang kanker usus besar. Sebagian kanker yang dapat menyebabkan kanker usus besar yaitu kanker p4yud4r4, kanker uterus, kanker ovarium, kanker thyroid, serta jaringan lunak yang lain. Hal itu dikarenakan sudah berlangsung pergantian karakter sel pada badan akibat ada kanker lain.

“Radiasi perut sisi bawah dapat juga, hingga sel sehat yang lain jadi ganas, ” kata Benny, seperti ditulis CNN. *

sumber; www.hidayatullah.com

Rep: Insan Kamil
Editor : Syaiful Irwan
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "INFO KESEHATAN....!!! Kurang Konsumsi Sayur Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar. Apakah Sebabnya....???"

Posting Komentar

Iklan 300x250