TAHUKAH ANDA....!!!! Ternyata Takaran Air Minum Pasien Penyakit Ginjal Berbeda Dengan Orang Sehat...!!! Tolong Sebar Luaskan...???

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


Takaran asupan air minum yang direferensikan beberapa dokter yaitu 2 liter atau 8 gelas. Cuma saja, referensi ini tidak berlaku pada orang dengan penyakit ginjal kronis.

Prof Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH, Guru Besar Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, menyampaikan pada pasien penyakit ginjal kronis, manfaat ginjal sangatlah terganggu. Mengakibatkan, ginjal tidak dapat lagi memproses air minum dengan baik.

 " Bila pada pasien gangguan ginjal kronis, stadium 4 atau stadium 5 itu minumnya harusnya dibatasi. Bila tidak nanti dapat sesak napas dia, dapat meninggal, " ungkap Prof Parlindungan, disela-sela Indonesian Hydration and Health Conference, di Hotel JW Marriot, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, seperti ditulis pada Kamis (17/3/2016).

Diterangkan Prof Parlindungan, ada rumus baku untuk memastikan ukuran konsumsi air minum. Ukuran air minum dihitung berdasarkan jumlah urine yang dibuang ditambah 600 cc.

Sebagai contoh, rata-rata orang dewasa keluarkan urin sejumlah 1. 500 - 2. 000 cc per hari. Karenanya jumlah konsumsi air yang disarankan yaitu 2. 100 - 2. 600 cc per hari. Konsumsi ini setara dengan lebih kurang 10-12 gelas air putih.


Untuk orang dewasa dengan kesibukan fisik normal, konsumsi air yang disarankan yaitu 8 gelas per hari. Sesaat keperluan bekasnya didapat melalui mengkonsumsi makanan seperti buah serta sayuran.

Tetapi untuk pasien penyakit ginjal kronis, konsumsi airnya disarankan untuk lebih sedikit. Rumus yang dipakai masihlah sama, cuma saja produksi urin pasien ginjal kronis pastinya lebih sedikit dari pada orang sehat.

 " Bila pasien ginjal kritis itu masalah ginjalnya kan telah parah. Produksi urinnya mungkin saja cuma sekitar 500 cc. Jadi minum airnya sekitar 1. 100 cc atau 5 gelas per hari, " imbuhnya.

Ukuran ini berlaku untuk pasien ginjal kritis stadium berat. Pada pasien ginjal kritis stadium 1, 2 atau 3, konsumsi air minum masihlah disamakan dengan orang sehat.

 " Bila stadium 1, 2 atau 3, masalah fungsi ginjalnya belum parah jadi disarankan untuk minum semakin banyak. Hal semacam ini untuk menghindar keparahan penyakit, " ujarnya. (mrs/vit)


sumber; health.detik.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "TAHUKAH ANDA....!!!! Ternyata Takaran Air Minum Pasien Penyakit Ginjal Berbeda Dengan Orang Sehat...!!! Tolong Sebar Luaskan...???"

Posting Komentar

Iklan 300x250