SUNGGUH MENGERIKAN...!!!Tenyata TB Penyakit Menular Mematikan Kedua Setelah 41DS. ((SEBAR LUASKAN))

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


Jumlah orang yang terinfeksi TB di Indonesia cukup tinggi serta menempatkan Indonesia masuk 4 besar negara dengan pasien TB paling banyak didunia, kata Pakar Mikrobiologi Klinis Fakultas Kedokteran UGM, dr. Titi Nuryastuti, M. Si., Ph. D., Sp. MK.

Waktu ditemui di Laboratorium Tuberkolosis Departemen Mikrobiologi FK UGM, Titik mengemukakan kalau TB ini adalah penyakit menular sebagai penyebabnya kematian ke-2 sesudah H1V/41DS. Oleh karenanya, usaha pemberantasan TB mesti selalu dikerjakan manfaat menghimpit bertambahnya jumlah masalah infeksi baru.

Jumlah pasien TB di Indonesia selalu bertambah sejalan dengan semakin meningkatnya pasien H1V/41DS, diabetes militus, serta penyakit lain yang berkaitan dengan system imun, terangnya memperingati Hari TB Sedunia yang jatuh setiap 24 Maret.

Usaha mencegah penularan TB dapat dikerjakan dengan mengaplikasikan tingkah laku hidup bersih serta sehat seperti tidak merokok serta tingkatkan kebersihan lingkungan. Untuk pasien TB diusahakan senantiasa memakai masker supaya waktu batuk atau bersin tak ada keluarga serta orang di sekitar yang tertular. Diluar itu, juga tidak meludah di sembarang tempat.

Usahakan untuk menyimpan dahak dengan tempat yang tertutup serta tidak membuangnya di sembarang tempat, terang lulusan doktor dari University of Groningen, Belanda ini.

Penyakit TB dikarenakan oleh Mycobacterium Tubercolosa. Penularan berlangsung lewat cairan ludah pasien TB waktu bicara, meludah, batuk ataupun bersin. Tanda-tanda yang nampak seperti batuk dengan cara terus-terusan dalam periode waktu yang lama, terkadang dahak yang keluar bercampur darah, berkeringat pada malam hari meskipun tanpa ada kesibukan, sesak nafas dengan nyeri di dada, dan berlangsung penurunan berat tubuh.

Menurut dia, utama untuk orang-orang untuk meyakinkan status diri pada TB. Hal semacam ini butuh dikerjakan mengingat Indonesia jadi negara yang begitu berisiko pada TB. Untuk meyakinkan apakah seorang terserang TB bisa dikerjakan kontrol dahak. Jika akhirnya positif baiknya lakukan terapi TB dengan cara kontinu. Penyembuhan TB bisa dikerjakan di puskesmas, tempat tinggal sakit serta BP4 yang didapatkan dengan cara gratis oleh pemerintah.

Selanjutnya Titik menyampaikan TB adalah penyakit yang bisa dihindari serta sembuh. Mencegah dengan mengambil keputusan rantai penularan dengan menyembuhkan pasien TB sampai pulih keseluruhan. Penyakit ini bisa sembuh dengan melakukan penyembuhan dengan teratur sampai dinyatakan pulih dengan saat penyembuhan sekitar 6-8 bln..

Kegagalan penyembuhan TB banyak berlangsung karena ketidakpatuhan dalam melakukan penyembuhan, banyak berlangsung putus obat. Ini bakal jadi parah TB serta menimbulkan resistensi pada obat (TB-MDR), kata penanggung jawab Lab. TB FK UGM ini.

Data Lab. TB Mikrobiologi FK UGM sepanjang 2013-2014 mencatat pasien TB paling tinggi yaitu Kabupaten Sleman dengan 51 orang, diikuti Kotamadya Yogyakarta 42 orang, Kabupaten Bantul 37 orang, Kabupaten Kulon Progo 22 orang, serta Kabupaten Gunungkidul 18 orang.

Sesaat pasien TB MDR paling tinggi di Kabupaten Bantul sejumlah 6 orang, lalu Sleman 4 orang, Kotamadya Yogyakarta 3 orang, Kabupaten Kulon Progo 3 orang, serta Kabupaten Gunungkidul 1 orang.

Titik mengemukakan jika pasien tak teratur minum obat, penyakit bakal sulit diobati lantaran kuman jadi kebal pada obat TB. Diluar itu, kuman pada badan bakal berkembang jadi semakin banyak serta menyerang organ badan yang lain.

Waktu pengobatan juga semakin lebih lama, terangnya.
Oleh karenanya, kata Titik, utama untuk tingkatkan kesadaran orang-orang dalam mensupport Indonesia bebas TB. Pemberantasan TB bisa diawali dari keluarga dengan mensupport pasien untuk pulih, yakni dengan jadi pengawas minum obat serta penyembuhan teratur sampai meraih kesembuhan.

Sedang untuk keluarga yang mempunyai resiko tinggi pada penularan TB diinginkan selekasnya lakukan kontrol serta skrining manfaat tahu status kesehatannya. Sesaat untuk orang-orang luas diinginkan dapat selalu tingkatkan pengetahuan mengenai TB serta tak lakukan stigmatisasi ataupun diskriminasi pada pasien TB. (dna/ugm)

sumber; dnaberita.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "SUNGGUH MENGERIKAN...!!!Tenyata TB Penyakit Menular Mematikan Kedua Setelah 41DS. ((SEBAR LUASKAN))"

Posting Komentar

Iklan 300x250