Siksa Kubur Bena Ada, Lalu Mengapa Allah Tidak Menampakkan Azab Kubur Kepada Manusia??? Alasannya adalah…

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


Kita yakin kalau setelah kita mati jadi kita akan masuk alam kubur atau juga dikenal dengan alam barzakh. Barzakh adalah alam yang membatasi alam dunia serta alam akhirat. Jadi, sebelumnya masuk alam akhirat kita bakal masuk alam barzakh atau alam kubur.

Barzakh juga jadi tempat peristirahatan atau persinggahan sementara untuk jazad makhluk hingga dibangkitkan kelak di hari kiamat. Di alam bazakh, si mayit bakal bertemu dengan malaikat Munkar serta Nakir yang bakal menanyakan sebagian pertanyaan pada si mayit. Ada yang memiliki pendapat bila si mayat yaitu orang mukmin yang beriman serta di beri taufik, jadi mendatang yaitu beberapa malaikat yang bernama Mubassyar serta Basyir.

Mengapa Allah Tidak Menampakkan Adzab Kubur Pada Manusia?

Didalam kubur, malaikat bakal bertanya sebagian pertanyaan di bawah ini :

Siapa Tuhanmu?
Apa Agamamu?
Siapa lelaki yang diutus kepadamu (nabimu)?
Siapa yang mengajarimu?

Pertanyaan di atas cuma bisa dijawab oleh orang-orang beriman yang lalu akan memperoleh nikmat kubur sebelumnya memperoleh surga di akhirat kelak.

Tetapi, bila si mayit tidak dapat menjawab, jadi ia akan memperoleh siksa atau adzab kubur. Adzab kubur akan dihadapi oleh si mayit didalam kubur, tetapi manusia yang masihlah hidup tak dapat mendengar atau lihat azab kubur.

Tetapi, pernahkah kita berfikir kenapa Allah SWT tidak memperlihatkan azab kubur pada manusia? Ternyata di balik itu ada hikmah yang dapat kita peroleh. Hikmah itu yakni :

Pertama, hikmah pertama yang kita peroleh yaitu hal semacam ini akan tutup aib si mayit. Bila semasa hidupnya si mayit itu mempunyai kedudukan atau secara lahiriyah (yang terlihat) yaitu orang shalih, tetapi ternyata manusia tahu kalau dia diadzab dalam kuburnya, pasti ini akan buka aib si mayit itu didunia.

Hal semacam ini bakal beresiko juga pada keluarga si mayit, mereka akan dihinakan oleh masyarakat karena satu diantara anggota keluarganya diazab didalam kuburnya.

Kedua, jika Allah memperlihatkan adzab kubur pada manusia, jadi akan tidak ada manusia yang berani menguburkan saudaranya. Hal ini dapat diterangkan dalam hadits Rasulullah SAW.

“Seandainya bila bukan lantaran kalian saling memakamkan, jadi saya ingin berdoa pada Allah untuk memperdengarkan pada kalian adzab kubur yang saya dengar. ”

Abu Abdillah Al-Qurthubi rahimahullah mengatakan, “Para ulama kita menjelaskan kalau sebenarnya jin serta manusia tak mendengar adzab kubur yaitu (karena) sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Seandainya bila bukanlah karena kalian sama-sama memakamkan’ al-hadits. Allah Ta’ala sembunyikan (adzab kubur) dari kita -sehingga kita dapat saling memakamkan- yaitu karena hikmah serta kelembutan-Nya.

Hal semacam ini disebabkan rasa takut yang mencakup manusia bila mendengarnya, hingga mereka tidak akan berani untuk mendekat ke pemakaman untuk menguburkan (orang yang meninggal dunia). Manusia bisa jadi binasa bila mendengarnya, karena mereka tak mempunyai kemampuan untuk mendengar adzab Allah di alam dunia ini, karena lemahnya kekuatan mereka. ”

Ketiga, sebagai ujian keimanan pada manusia pada hal-hal yang ghaib. Ibnul Qoyyim berkata :

“Jika Allah menginginkan untuk memperlihatkan adzab kubur pada beberapa manusia (seperti pada Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, pen.) tentu Allah nampakkan serta Allah menyembunyikan dari hamba-hambaNya yang lain. Walau demikian, bila Allah tampakkan pada semua manusia, jadi hilanglah beban syariat (taklif) serta (hilang juga keharusan untuk) beriman pada perkara yang ghaib. Demikian juga, manusia akan tidak berani memakamkan seperti yang ada dalam Shahihain,

Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (bersabda), ‘Seandainya bila bukanlah karena kalian saling memakamkan, jadi saya menginginkan berdoa pada Allah untuk memperdengarkan pada kalian adzab kubur yang saya dengar. ’ “Oleh karenanya, saat hikmah seperti ini tak ada dalam diri binatang ternak, jadi binatang ternak juga mendengar adzab kubur serta tahu. Seperti bagal (peranakan kuda dengan keledai) punya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang jalan miring serta beberapa hampir melemparkan barang-barang bawaannya saat melalui orang yang tengah diadzab di kuburnya. ”

Itulah hikmah mengapa Allah tak menampakkan Azab kubur pada manusia, semoga dapat bermanfaat dan semoga Allah selalu melindungi kita dari azab kubur.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Siksa Kubur Bena Ada, Lalu Mengapa Allah Tidak Menampakkan Azab Kubur Kepada Manusia??? Alasannya adalah… "

Posting Komentar

Iklan 300x250